Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 22 Januari 2010

Perakitan PC

  1. Perhatikan motherboard dan aturlah posisi konektor "jumper", sesuai dengan buku petunjuk yang ada.. Cabutlah konektor plastik "jumper" penghubung antar pin yang ada pada motherboard dan pindahkan pada posisi lain yang menghubungkan sebuah kaki pin dengan kaki pin lainnya sesuai dengan anjuran yang tertulis dalam buku petunjuk motherboard. Sesuaikan posisi jumper tersebut dengan jenis processor yang akan anda pasang. Penyetelan posisi "jumper" memungkinkan motherboard memberikan listrik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan listrik processor yang dipasang.
  2. Tancapkan processor pada soket-nya, perhatikan tanda pada processor harus ditempatkan sesuai dengan tanda yang ada pada soket tersebut dan tidak boleh terbalik. Kuncilah tangkai pengunci yang terletak disisi soket processor. Perhatikan kode titik atau sisi processor dengan bentuk miring merupakan petunjuk agar bagian processor itu dipasang pada bagian slot yang memiliki tanda sama. Kemudian pasanglah kipas pendingin di atasnya. Pemasangan processor pada soket ataupun tempat yang ada di motherboard tidak boleh terbalik karena dapat mengakibatkan motherboard atau processor rusak.
  3. Pasanglah RAM pada soket-nya dengan baik, sudut memori yang berlekuk harus ditempatkan pada tempatnya secara hati-hati. Apabila anda terbalik memasangnya, maka memori akan sulit dimasukan
  4. Letakkan motherboard ke dalam cashing CPU, kaitkanlah pengait plastik yang biasa disediakan oleh pabrik cashing ke dalam lubang yang terdapat pada motherboard. Pada sudut yang memungkinkan anda tempatkan baut, bautlah motherboard tersebut pada cashing untuk menghindarkan terjadinya pergeseran motherboard pada waktu anda memindah-mindahkan CPU nantinya. Sebaiknya hati-hati memasang motherboard pada cashing karena bentuknya tipis kecil dan memiliki rangkaian elektronik yang rumit
  5. Pasanglah kabel catu daya motherboard yang ada pada power supply (biasanya dituliskan P8 dan P9), kabel berwarna hitam dari kedua konektornya harus dipasang berdampingan.
  6. Pasanglah hardisk dan floppy drive pada tempat yang disediakan dalam cashing CPU, kencangkan dudukannya dengan baut secara hati-hati. Bila ada CD ROM drive, pasangkan pula alat ini secara hati-hati dan dikencangkan dengan baut.
  7. Hubungkan kabel dari power supply ke slot power pada hardisk, floppy drive dan CD ROM drive. Bila anda memasang konektor ini terbalik, maka pada saat anda memasukan konektor tersebut akan terasa sedikit sulit
  8. Hubungkan kabel data pada dudukan hardisk, floppy drive dan CD ROM drive. Kabel data berfungs untuk menghubungkan peralatan tersebut ke motherboard. Sisi kabel berwarna merah harus ditempatkan pada kaki nomor satu (lihat keterangan pada hardisk atau floppy drive ataupun CD ROM drive). Bila terbalik memasangnya komputer tidak akan bekerja baik dan dapat merusak peralatan-peralatan tersebut. Kabel yang terpasang ke floppy drive lebih sempit daripada kabel penghubung hardisk ataupun CD ROM drive. Kabel penghubung hardisk dan CD ROM drive sama ukurannya.
  9. Hubungkan kabel dari floppy drive ke slot untuk floppy drive, demikian pula sambungkan kabel dari hardisk ke slot IDE nomor 1, dan kabel dari CD ROM ke slot IDE nomor 2. Sisi kabel berwarna merah harus menempati kaki nomor satu pada tiap slot. Anda bisa melihat keterangan yang tertulis di motherboard ataupun di manual motherboard.
  10. Pasanglah VGA card pada slotnya sesuai dengan jenis card yang anda miliki apakah termasuk jenis ISA atau PCI karena pemasangan tidak boleh terbalik.
  11. Hubungkan konektor kabel tombol "Reset" ke pin "Reset" pada motherboard. Hubungkan pula konektor kabel penghubung speaker ke pin bertuliskan speaker pada motherboard (ditulis dengan kode LS). Beberapa cashing telah dilengkapi pula kabel lampu indikator berikut kabel penghubungnya lengkap dengan konektornya agar perakit komputer tinggal menghubungkan saja ke motherboard
  12. Pasanglah kabel data dari monitor ke slot yang terdapat di VGA card, perhatikan konektornya memiliki 3 deretan kaki yang tersusun rapi, dengan konektor berbentuk trapesium.
  13. Pasangkan konektor keyboard ke slot keyboard pada motherboard .
  14. Pasangkan kabel power dari layar monitor ke slot power yang terdapat di bagian belakang power supply yang telah terpasang pada cashing CPU. Bila konektornya tidak cocok, anda dapat memasang kabel power tersebut ke jala-jala listrik rumah anda. Anda akan membutuhkan T konektor untuk membagi listrik ke monitor dan CPU yang anda rakit. Pasangkan kabel listrik untuk CPU ke slot yang terdapat pada power supply di bagian belakang cashing CPU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Cbox