Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 10 April 2012

Hikmah larangan Khamr (Bahaya Minuman Keras)








" Hai Orang-orang Yang beriman, sesungguhnya (meminum) Khamr, Berjudi (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan anak panah adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan " (Qs. Almaidah ayat 90).

Sebelum datangnya Islam, masyarakat arab sudah akrab dan jadi CS dengan minuman keras (khamr dalam bahasa arab). Bahkan menurut para ahli dalam kosa kata Arab ada lebih dari 100 kata berbeda untuk menjelaskan minuman beralkohol. Bahkan orang-orang saking cintanya  terhadap minuman keras maka mereka tuangkan dalam sebuah ungkapan kecintaan tersebut melalui syair-syair, layaknya kecintaan mereka terhadap wanita.

Bahaya Khamr.
Sesungguhnya yang dimaksud dengan khamr  di dalam islam itu tidak selalu merujuk pada Alkohol namum dapatlah dipahami bahwa illatnya atau sifatnya adalah segala sesuatu yang memabukan, baik dalam bentuk minuman dan makanan yang mengakibatkan seseorang bisa kehilangan kesadaran. Contohnya : Mabuk Wanita, Mabuk Janda, Mabuk Judi, Mabuk Duit
Terlepas dari mabuk atau tidak nya seseorang dalam meminum khamr, hikmah yang dapat diambil dari larangan minum khamr tersebut adalah membawa kemudaratan yang lebih besar dari pada manfaatnya. sebagaimana Allah menjelaskan dalam Al-qur'an Qs. Al-baqarah ayat 219 yang artinya :

" Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi, katakanlah pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi mudarat keduanya lebih besar dari manfaatnya "

Salah satu contoh orang yang meninggal akibat terlalu banyak mengkonsumsi Alkohol Sebut saja Socrates Bapak ilmu filsafat.

" Hai orang-orang yang beriman  sesungguhnya meminum khamr, berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan syaitan maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan "

Data resmi pemerintah Inggris tahun 2011 menyebutkan : bahwa hampir separuh kejahatan dengan kekerasan di negara tersebut diakibatkan oleh pengaruh minuman beralkohol lebih dari sejuta pelaku agresi kejahatan yang terdata dipercaya berada dalam pengaruh Alkohol.

Wallahu A'lam

1 komentar:

Open Cbox