Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 20 September 2010

Google Tidak lagi Sehebat Yang dulu

Google merupakan sumber utama saya dalam mencari berita. Mungkin sudah cukup lama saya tidak membuka Yahoo untuk mencari berita, apalagi MSN search atau bing. Sayangnya, belakangan ini saya merasa kualitas hasil pencarian Google tidak lagi sehebat dulu. Beberapa kekecewaan saya ini terjadi dalam 3 kejadian sebagai berikut :

* Google gagal menempatkan sumber utama web sebagai rujukan. Misalnya jika saya hendak mencari driver untuk suatu perangkat keras tertentu (network card, motherboard, modem dll), sebagian besar hasil pencarian saya adalah website-website yang menyediakan driver secara bersyarat, misalnya dalam bentuk membership, komersialisasi atau minimal meminta langkah-langkah tertentu yang cukup panjang dan menambah kekhawatiran soal ekspos data pribadi yang kita miliki.






















Masalah ini memang tidak sepenuhnya salah si Google, bisa juga karena website vendornya sendiri kurang ramah pada mesin pencari sedangkan website lainnya mampu melakukan optimasi website mereka, namun dengan melihat kemampuan daya komputasi Google yang luar biasa semestinya Google mampu merujuk website vendor sebagai rujukan utama.

* Bukan sekali dua saya menemukan Google yang bisa ditipu oleh website-website tertentu yang mengelabui Google, dalam bentuk menampilkan hasil pencarian mereka sebagai hasil pencarian Google. Maksudnya begini, misalnya saya mencari foto tentang Vivian Chow atau Zelda Safitri (ehm), beberapa hasil yang ditampilkan oleh Google justru merupakan link ke suatu website pencarian juga. Sepertinya mereka mampu mengelabui Google, jika ada query masuk ke Google, mereka bisa menggenerate isi website mereka dan menyesuaikannya dengan query Google.

* Hasil pencarian dan sistem PageRank Google dapat dibombardir dengan optimasi SEO. Ini juga mungkin bukan salah sepenuhnya dari sisi Google melainkan kualifikasi para pakar SEO yang mampu membaca dan mengetahui sistem ranking yang dilakukan oleh Google. Hasil yang mereka lakukan mampu mempengaruhi sistem ranking dan peringkat Google dan menjadi komoditas yang dapat diperjual-belikan. Tentu saja sebenarnya hal ini sah-sah saja, namun disisi lain hal ini juga berarti bahwa Google tidak bertindak secepat dulu lagi. Ibaratnya Google sudah menjadi robot yang tambun dan lamban bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Cbox