Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 12 Oktober 2010

Solusi Virus W32 (Virut)

Situs-situs crack keygen dan serials akhir-akhir ini menambahkan file penginfeksi yang bernama “Virut”. Virus ini biasanya ada di crack mini game atau file nfo. Virus ini akan menginfeksi semua file .exe dan .scr di dalam sistem. Antivirus AVG, Kapersky, NOD, Norman bisa detect virus ini tapi file yang terkontaminasi ikut terhapus, nah kalo sistem windows yang di delete, otomatis windowsnya kolap dan ga bisa di run, sama aja bunuh diri kan?(sori ya Nhy kompimu jadi percobaan hehe). Lebih parahnya lagi mesin anti virusnya bahkan akan ikut terinfeksi dan anti virus malah jadi eror.

Cara kerja dan penyebaran virus ini masuk kedalam file exe dan file yg extensionnya dll jadi kalo kita jalankan file itu, maka virus ada di memory, trus menyerang lagi file laen yang kita run. Virus ini biasanya juga akan menginjeksi ke dalam winlogon.exe sehingga kita gak bisa login ke kompi dan cuman berputar-putar aja di menu windows login (meski sebenernya bisa sih masuk lewat safe mode). Meskipun di-scan virus ini akan muncul lagi (regenerate) dan menginfeksi lagi file-file exe yang tadi.

Cara yang paling aman adalah format dan install ulang komputer hehe (wuihh…). Terutama klo sistemnya banyak yang kena. Dan klo udah diinstall ulang, sebelom diinstall program macem2 install dulu av yang terupdate tentunya.

Buat yang males install ulang :P bisa juga coba pake removal ini:

http://drweb.com/pub/drweb/cureit/drweb-cureit.exe (9M)

Ato yang ini dari grisoft:

http://free.grisoft.com/filedir/util/avg_rem_sup.dir/rmvirut/rmvirut.exe(457KB)

http://free.grisoft.com/filedir/util/avg_rem_sup.dir/rmvirut/rmvirut.nt(1,5KB)

Simpan file rmvirut.nt dan file rmvirut.exe kedalam satu folder. Kemudian run file rmvirut.exe. Setelah proses healing selesai coba test scan menggunakan AVG untuk memastikan virus sudah hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Cbox