Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 23 Februari 2014

Rahasia Sehat Dalam Sunnah



Rasulullah SAW, bersabda : Lambung (perut) manusia itu tempatnya segala penyakit, sedang pencegahnya itu pokok  segala pengobatannya (Hr. Ad-Dailami)

Hadits di atasbermakna bahwa pokok perkara dari semua permasalahan kesehatan manusia adalah perut / pencernaan. Jika seorang mampu memperlakukan pencvernaanya dengan baik maka ia akan mendapatkan kesehatan yang baik pula. dan sebaliknya jika seorang tidak baik dalam memperlakukan pencernaanya maka cepatr atau lambat berbagai penyakitlah yang akan datang menimpanya.

Cara mengupayakan kesehatan pencernaan adalah dengan mengatur pola makan dan pola minum  dengan baik. Pencernaan yang sehat mampu mencerna makanan dari mulai masuk ke lambung sampai dikeluarkan ampasnya melalui anus selama kurun waktu 12 jam, artinya dalam sehari semalam 24 jam seharusnya seseorang itu melakukan buang air besar (BAB) sedikitnya 2 kali.

"sebenarnya seorang manusia itu cukup dengan beberapa suap makanan yang bisa menegakan tulang punggungnya. Namun jika tidak ada pilihan lain, maka hendaknya sepertiga perut itu untuk makanan, sepertiga yang lain untuk minuman dan sepertiga terakhir untuk nafas" (HR. Ibnu Majah).

Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk tidak makan berlebih-lebihan.
karena sesuatu yang berlebih-lebihan adalah perbuatan setan.

Meminum Madu
Rasulullah SAW bersabda : Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu Madu dan Al qur'an(Hr. Ibnu Majah).
Madu merupakan nutrisi/makanan yang bermanfaat sekaligus sebagai obat. sehingga dengan rutin mengkonsumsi Madu maka tubuh akan mendapatkan 2 manfaat :  yaitu madu sebagai makanan dan manfaat madu sebagai obat.

Tidur yang berkualitas
Salah satu ketidak fitan disiang hari adalah kualitas istirahat / tidur dimalam hari yang tidak baik. kualitas tidur bermasalah, bukan hanya berefek pada kebugaran saja, namun juga berpengaruh besar pada berat badan dan imunitas atau daya tahan tubuh. sehingga mudah terserang penyakit.
masalah kurangnya kualitas tidur biasanya disebabkan pola hidup, seperti kurang berolahraga, kebiasaan begadang, minum alkohol. atau nonton tv hingga larut malam.

Berbekam
Berbekam merupakan upaya yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan mengobati penyakit.

" Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah Hijamah (bekam)" (Hr. Bukhari).

 Tidak memakan yang haram
Agar tubuh kita tetap sehat maka Rasulullah melarang kita makan yang haram.
 Dan Berhati-hatilah dengan makanan yg masuk ke tubuh kita, sudah halal-kah? lebih baik tinggalkan bila ragu-ragu .

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memerintahkan kepada kita untuk bekerja: “Tidaklah sekali-kali seseorang makan suatu makanan yang lebih baik daripada makan dari hasil kerja tangannya sendiri, dan sesungguhnya Nabi Dawud makan dari hasil tangannya sendiri.” (HR. Al-Bukhari).


Islam juga memerintahkan agar di dalam mencari rizki itu dengan cara yang baik dan halal. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah jika benar-benar hanya kepadaNya kamu menyembah.” (QS Al-Baqarah: 172).


Untuk itu marilah kita semua mengikuti apa yang dicontohkan Rasulullah SAW agar hidup kita tetap sehat.
Amin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Cbox