Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 08 Juli 2012

Pentingnya mengucapkan Salam (perdamaian)







Sesungguhnya Kata Assalam (perdamaian) adalah salah satu prinsip yang ditanamkan islam di dalam jiwa kaum muslimin secara mendalam sehingga menjadi bagian dari kepribadian dan aqidah mereka.
Sejak dini islam telah mengumandangkan perdamaian kesegenap penjuru dunia seraya menetapkan jalan hidup yang bijaksana agar arti hakiki kemanusiaan dapat dicapai.
Sesungguhnya Islam mencintai hidup, menguduskannya serta mendorong manusia untuk mencintainya. Karena hal itu akan membebaskan mereka dari rasa takut, sekaligus memberikan jalan yang terbaik agar kehidupan manusia mengarah kepada tujuanya yaitu keluhuran dan kemajuan, dibawah naungan rasa aman yang mengayominya.
Kata Islam itu sendiri yang menjadi agama ini berasal dari kata As Salaam (perdamaian), karena As salam dan Al Islam sama-sama menciptakan ketentraman, keamanan dan ketenangan.
Pembawa agama ini pun adalah panji perdamaian, karena membawakan kepada kemanusiaan petunjuk, nur (cahaya) dan kebaikan.

Di dalam kaitan ini, dia berbicara tentang dirinya :
 " AKU INI RAHMAT YANG DIANUGERAHKAN (ALLAH) "

Dan Alqur'an berbicara mengenai kerasulannya :
 " AKU TIDAK MENGUTUSMU (MUHAMMAD) MELAINKAN SEBAGAI RAHMAT SEMESTA ALAM "

Penghormatan  (tahiyyat) yang diucapkan kaum muslimin yang dapat menjinakan hati dan mempererat hubungan serta mengikat manusia dengan sesamanya juga As Salaam.
Orang yang paling utama dan dekat dengan Allah adalah orang yang apabila berjumpa memulai dengan mengucapkan Salam.
Allah menjadikan ini sebagai alat bpenghormatan kaum muslimin untuk menegaskan bahwa agama damai dan aman, serta mereka adalah penganut salam (perdamaian) dan pecinta damai.

Di dalam Hadits  Rsulullah bersabda :
" Sesungguhnya Allah menjadikan Salam sebagai penghormatan bagi umat kami (Muslim) dan jaminan keamanan untuk kaum dzimmah kami "

Dan seseorang tidak layak memulai berbicara kepada sesamanya sebelum ia memulainya dengan ucapan Salam.  Rasulullah SAW bersabda :
" Ucapkanlah Salam sebelum memulai berbicara "

Sebabnya karena Salam adalah ungkapan rasa aman, tidak ada pembicaraan sebelum ada rasa aman.

Penghormatan Allah kepada orang-orang mukmin adalah dengan  Salam 
" Salam penghormatan kepada mereka di hari mereka menemui-Nya adalah Salam " 

Penghormatan Malaikat kepada manusia di hari akhirat  juga dengan mengucapkan Salam 
" Para Malaikat masuk menemui mereka melalui semua pintu surga seraya mengucapkan Salam " Qs. Ar-ra'd : 23-24 

Para penghuni surga hanya mendengar ucapan dan tidak berbicara bahasa yang bukan  Salam
" Mereka tak pernah mendengar di dalamnya (surga) perkataan yang sia-sia dan menimbulkan dosa, akan tetapi ucapan salam dan salam "

Banyaknya pengulangan kata ini (salam) serta cakupannya dalam keagamaan jiwa akan dapat membangunkan seluruh anggota badan, menggerakan pikiran serta pandangan kearah prinsip yang luhur dan agung.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Cbox