Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 24 Juni 2012

Talak Dalam Agama Yahudi Dan Kristen









Talak Dalam Agama Yahudi

Talak bagi mereka boleh, walaupun tanpa alasan seperti Suami ingin nikah dengan perempuan lain yang lebih cantik dari isterinya. Tetapi talak tanpa alasan ini dipandang tidak baik.
Adapun  alasan-alasan menurut mereka adalah sebagai berikut :

1.       Cacat badan, seperti  Rambut, juling, nafasnya bau busuk, bungkuk, pincang dan mandul
2.       Cacat akhlak, seperti Kurang malu, banyak bicara, Jorok, kikir, bandel, boros, serakah(rakus).

Sedangkan Zina menurut mereka adalah alasan paling kuat, sekalipun baru kabar-kabar nya saja. Adapun bagi perempuan, dia tidak berhak minta cerai  walaupun suaminya cacatnya bagaimanapun juga, bahkan sekalipun terbukti berzina. 


Talak Dalam Agama Kristen

Agama Kristen yang dipegang oleh orang-oran barat terbagi dalam tiga sekte :

1.       Sekte Katholik
2.       Sekte Ortodok
3.       Sekte Protestan

Aliran Katholik mengharamkan sama sekali talak. Memutuskan perkawinan dengan alasan apapun tidak boleh, walaupun keadaan begitu parah, bahkan sampai-sampai isteri berkhianat kepada suaminya tidak juga dibenarkan untuk bercerai.  Dalam keadaan isteri berzina hanya dibolehkan pisah badan saja antara suami isteri, sedangkan ikatan perkawinannya secara hukum tetap berlaku.
Dalam masa-masa berpisah badan ini masing-masing suami isteri tidak boleh nikah dengan orang lain. Karena perbuatan seperti ini dianggap poligami. Sedangkan agama kristen tidak membolehkan poligami sama sekali.

Pendirian golongan Katholik ini berdasarkan injil Markus yang mengatakan :
 Dua Badan menjadi satu tubuh. Jadi bukan dua lagi sesudah itu, tetapi satu tubuh. Apa saja yang sudah dikumpulkan Allah menjadi satu, tidak boleh seseorang memisahkanya “  Markus . 10 : 8-9

Aliran Ortodok dan Protestan membolehkan cerai, secara terbatas. Diantara alasan yang terpenting yaitu karena isteri berzina, tetapi sesudah cerai masing-masing suami isteri dilarang kawin selama-lamanya dengan orang lain. Tetapi kalo kawin tanpa ikatan dibolehkan

Aliran yang membolehkan cerai karena isteri berzina ini berdasarkan injil Matius yang mengatakan :

“ Barang siapa menceraikan isterinya, kecuali karena Zina berarti membuat ia berzina  ” Matius 5 : 22-23  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Cbox