Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 26 Desember 2010

Apa saja gejala komputer yang terinfeksi?

Ini tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah komputer anda telah diganggu. Lebih dari sebelumnya, para penulis virus, worm, Trojan dan spyware akan berusaha keras untuk menyembunyikan kode mereka dan menyembunyikan program-program apa mereka lakukan pada komputer yang terinfeksi. Itulah mengapa penting untuk mengikuti saran yang diberikan dalam panduan ini: khususnya, menginstal perangkat lunak keamanan Internet, pastikan Anda menerapkan patch keamanan untuk sistem operasi dan aplikasi dan data cadangan Anda secara teratur.

Ini sangat sulit untuk menyediakan daftar gejala karakteristik dari sebuah komputer dikompromikan karena gejala yang sama juga dapat disebabkan oleh hardware dan / atau masalah software. Berikut adalah beberapa contoh:
# Komputer Anda berperilaku aneh, yaitu dengan cara yang Anda belum lihat sebelumnya.
# Anda melihat pesan yang tidak terduga atau gambar.
# Anda mendengar suara yang tak terduga, dimainkan secara acak.
# Program mulai tak terduga.
# firewall pribadi Anda memberitahu Anda bahwa aplikasi telah mencoba untuk terhubung ke
Internet
(dan itu bukan sebuah program yang Anda berlari).

# Teman-teman Anda memberitahu Anda bahwa mereka telah menerima pesan e-mail dari
alamat Anda dan Anda tidak mengutus mereka apa-apa.

# Komputer Anda 'membeku' sering, atau program mulai berjalan lambat.
# Anda mendapatkan banyak pesan kesalahan sistem.
# Sistem operasi tidak akan load saat Anda memulai komputer Anda.
# Anda melihat bahwa file atau folder yang telah dihapus atau diubah.
# Anda melihat akses hard disk (ditunjukkan oleh salah satu lampu berkedip kecil) ketika Anda
tidak mengetahui adanya program yang berjalan.

# browser web Anda berperilaku tak menentu, misalnya Anda tidak dapat menutup jendela
browser
.

Dan apa yang bisa dilakukan tentang hal itu?

Jangan panik jika Anda mengalami Hal apapun seperti yg telah disebutkan di atas. Anda mungkin punya masalah hardware atau software, bukan cacing, virus atau Trojan. Di sini, apa yang harus Anda lakukan:
Putuskan komputer Anda dari Internet.
Jika sistem operasi Anda tidak akan memuat, mulai komputer dalam Safe Mode (saat Anda mengaktifkan, tekan terus F8 komputer dan segera dimulai, lalu pilih 'Safe Mode' dari menu yang akan muncul), atau boot dari penyelamatan CD.
Pastikan anti-virus signature yang up-to-date. Jika mungkin, jangan men-download update menggunakan komputer Anda pikir terganggu, tetapi menggunakan komputer lain (misalnya teman, komputer). Hal ini penting: jika komputer Anda terinfeksi dan anda terhubung ke Internet, sebuah program jahat dapat mengirimkan informasi penting untuk seorang hacker jauh, atau mengirim sendiri kepada orang-orang yang alamat e-mail disimpan pada komputer Anda.
Jika Anda memiliki masalah menghapus program jahat, periksa vendor keamanan Internet, AOS situs web untuk informasi pada setiap utilitas khusus yang mungkin diperlukan untuk menghapus program jahat tertentu.

Jika komputer Anda terhubung ke jaringan area lokal, lepaskan dari jaringan.
Scan seluruh komputer.
Jika sebuah program jahat ditemukan, ikuti panduan yang disediakan oleh vendor keamanan Internet Anda. program keamanan yang baik menyediakan pilihan untuk mendisinfeksi benda yang terinfeksi, benda karantina yang mungkin terinfeksi, dan menghapus worm dan Trojan. Mereka juga membuat file laporan yang berisi daftar nama-nama file yang terinfeksi dan program berbahaya yang ditemukan pada komputer.
Jika perangkat lunak keamanan Internet Anda tidak menemukan apa-apa, mesin Anda mungkin tidak terinfeksi. Periksa perangkat keras dan perangkat lunak yang diinstal pada komputer Anda (menghapus setiap perangkat lunak ilegal dan semua file sampah) dan pastikan Anda memiliki sistem operasi terbaru dan aplikasi terinstal patch.
Jika perlu, hubungi vendor keamanan Internet, AOS dukungan departemen teknis untuk saran lebih lanjut. Anda juga dapat meminta mereka cara mengirimkan file contoh untuk analisis oleh seorang peneliti virus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Cbox