Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 13 September 2012

Asal Muasal Agama Kristen





Pengikut nabi Isa disebut Nasrani, atau Nazaren. Berasal dari kata Nazareth tempat kelahiran Nabi Isa. Sedangkan dalam Alqur'an pengikut Nabi Isa disebut Hawariyyun.  Beberapa peneliti mengkaitkan para pengikut awal  Nabi Isa As sebagai orang-orang esenes yang berkemungkinan mendiami Qumran. Ada juga yang menyebut mereka sebagai orang-orang Ebionit (salah satu sekte Yahudi). Ajaran-ajaran mereka yang masih murni, terweakili dalam keyakinan unitarian awal, yang getol m empertahankan KeEsaan Tuhan.

Yang menarik, Allah SWT. Tidak pernah memakai istilah Kristen dalam kitab suci Alqur'an . Seb ab sejatinya istilah Kristen pada mulanya hanya sebuah lembaga kemudian diagamakan. Istil,ah itu muncul sedkitar tahun 80 M. Kemunculan pertama kalinya pun bukanlah di Nazareth tidak juga di Bethlehem tetapi di Anthiokhia begitulah kata Injil.

Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun  lamanya, sambil mengajar banyak orang . Di Anthiokhia lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Kronologinya, tatkala Nabi Isa terancam bahaya, lalu diselamatkan oleh Allah, Murid-murid N abi Isa terpecah dalam dua kelompok sebagian tetap setia kepada Nabi Isa dengan memegang teguh ketauhidan ajaran Nabi Isa seperti Hawariyyun. Dan sebagian Lagi justru terpedaya oleh ulah Paulus. Mereka diajak keluar dari negeri Yahudi menyeberang ke sebuah kota Anthiokhia. Secara geografis, Anthiokhia sekarang berada di Wilayah Suriah. Tetangga Palestina.

Di Anthiokhia itulah pertama kalinya dalam sejarah mereka di namakan sebagai  Kristen. Setelah di bina dan di bimbing selama Satu Tahun  oleh Paulus dan diarahkan dalam pemikiran keagamaan mereka.

Istilah Kristen berasal dari kata Yunani Yaitu Krystos artinya yang diusapi dengan minyak atau diurapi. Kata ini lantas beralih menjadi Crystus (bahasa Romawi) dan Christ  (bahasa Inggris) tapi artinya bukan lagi yang diurapi, melainkan Penebus dosa dan  juru selamat. Jadi kaum kristen  (christian, inggris) dimaknai sebagai orang yang meyakini yesus sebagai penebus dosa dan juru selamat

Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa istilah Kristen tidak mempunyai  pengertian yang sama persis. Tidak identik dengan Nasrani.

Karena Implikasinya ketika umat islam tidak bisa membedakan antara Nasrani dan Kreisten maka munculah celah yang menyebabkan mereka tergelincir dan timbul salah persepsi secara mendasar . Sehingga kaum islam ada yang membolehkan perkawinan lintas agama. Dengan asumsi bahwa kaum Kristen itu umat Nasrani.

Allah berfirman
Lelaki pezina tidak boleh menikah selain dengan perempuan pezina atau perempuan musyrik. Dan perempuan perempuan pezina tidak bisa dinikahi selain oleh lelaki pezina atau musyrik. dan yang demikian itu di haramkan atas orang-orang mukmin.

Orang musyrik adalah orang yang mempersekutukan Allah dengan SelainNya. Orang yang meyakini, mengklaim dan menyatakan bahwa Allah lebih dari satu termasuk yang mengatakan bahwa Allah itu terdiri dari tiga unsur  : Tuhan Bapa, Tuhan Putra, dan tuhan Roh Kudus.  itu sebabnya Allah juga berfirman :

" Dan janganlah kamu nikahi perempuan-perempuan musyrik  sebelum mereka beriman "














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Cbox