Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 05 Agustus 2012

Keutamaan orang yang berjuang di jalan Allah (syahid)

Abu Hamzah




Rasulullah bersabda :
"Tidaklah luka seseorang di jalan Allah, Allah lebih tahu orang yang terluka kecuali pada hari kamat ia datang dengan lukanya yang berdarah, warnanya tetap darah, baunya seharum kasturi"

Muhammad bin Ibrahim berkata :
pada waktu aku melepas Abdullah bin Al mubarak pergi, ia memebrikan beberapa bait syai yang berbunyi :

"Wahai pengabdi haramain, jika kau pandang kami, niscaya kau tahu, 
di dalam beribadah kau bermain.

Siapa yang pipinya di banjiri air mata,
padahal kami mandi darah di medan perang

Atau ada yang kudanya lelah di kesia-siaan 
Sedang kuda kami kelelahan di pagi hari.

Kalian di penuhi oleh bau wewangian
sedangkan wewangian kami adalah debu-debu nan indah
yang di terbangkan teracak kuda kejam dan gersang, serta debu.

Kami di anugerahi untaian kata Nabi Kami,
Kalimat Shahih yang benar... bukan dusta.

Tak' kan sama, debu yang bersarang di hidung hamba
Allah dengan asap neraka ! .......Bukan dusta.

Inilah Kitabullah berucap kepada kami,
Orang Syahid tak pernah mati ! ...Bukan dusta." 

Muhammad bin ibrahim berkata : kutemui  Al Fudhail bin Ayyadh sambil kubawa bait-bait syair ini  di masjid haram. Air matanya berlinang tatkala membaca syair ini, ia pun berkata : "Benar apa yang dikatakan Abu Abdurrahman. " selanjutnya Al Fudhail menasehatiku : "adakah anda termasuk orang yang menulis ucapan ini ?" Aku jawab : "ya." Kemudian Fudhail berkata lagi : "tulislah ucapan ini sebagai imbalan untukmu membaca karya Abu Abdurrahman kepada kami."

Selanjutnya aku tulis apa yang di ucapkan Al Fudhail bin Ayyadh : telah mengatakan kepada kami Mansur bin Al mu'tamar dari Abu Shaleh dari Abu Hurairah, bahwa seorang laki-laki berkata : "wahai Rasulullah SAW, ajarkanlah aku, suatu perbuatan yang dengannya aku bisa memperoleh pahala yang setimpal dengan pahala para mujahiddi jalan Allah.

Rasulullah lalu menjawab dengan pertanyaan :
"Adakah kamu mampu Shalat tanpa terputus-putus dan berpuasa tanpa henti-hentinya ?"

Orang tadi kemudian menjawab "wahai Rasulullah, aku tak mampu melakukan itu"

Rasulullah bersabda :
"Demi dzat yang diriku berada di bawah kekuasaa-Nya. Jika sekiranya kamu mampu melakukanya, kamu tak akan mencapai pahala orang yang berjihad di jalan Allah. Apakah engkau tak tahu, bahwa bagi mujahid dituliskan kebaikan sepanjang hidupnya."

Rasulullah pernah bersabda kepada para sahabatnya :
"Tatkala saudara-saudara kamu gugur di medan Uhud, Allah menjadikan ruh-ruh mereka di mulut burung hijau yang mengalirkan air surga dan dari situ mereka memakan buah-buahanya. Mereka datangi bejana-bejana, terbuat dari emas yang tergantung di bawah arsy. Pada waktu dirasakan lezatnya makanan dan segarnya minuman serta asyiknya tempat tinggal mereka, mereka pun berucap "siapakah gerangan yang akan menyampaikan keadaan ini kepada saudara-saudara kami bahkan kami di surga hidup dan di beri makan. Agar mereka tidak segan-segan dalam urusan jihad?"

Maka Allah menjawab dengan Firmannya :
"Akulah yang menyampaikan beritamu kepada mereka."

Kemudian turun ayat :
"Dan janganlah kalian mengira, bahwa mereka yang gugur di jalan Allah itu mati. (tidak!) bahkan mereka hidup di sisi tuhan mereka dan diberi rizki. Mereka bergembira dengan nikmat dan fadhilah yang diberikan-Nya kepada mereka. Dan mereka menyampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang tidak berjumpa dengan mereka (tidak sezaman) agar tidak usah takut dan cemas. Mereka menyampaikan kabar gembira tentang nikmat dan fadhilah dari Allah dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan balasan orang-orang mukmin." (qs. Ali imran 169-170-171)

"Seorang syahid tidak akan merasakan sakitnya terbunuh, kecuali seperti sakitnya terkena goresan pisau cukur."

"Orang yang mati syahid terdapat enam hal yang akan diterimanya. Pertama, Allah memberi ampunan ketika pertama kali bergerak dan akan melihat tempatnya di surga. Kedua, selamat dari siksa kubur. Ketiga, selamat dari goncangan hari kiamat. Keempat, akan diberikan kepadanyamahkota kebesaran yang terbuat dari permata yaqut yang lebih berharga dari seisi dunia. Kelima, akan dikawinkan dengan 72 bidadari surga. Keenam, dapat memberi syafaat kepada 70 anggota keluarganya" (HR. Ahmad). 

Allah mengampuni semua dosa orang syahid kecuali hutang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Cbox